Langsung ke konten utama

Tips untuk bike to work

Bike to work? Berangkat – pulang kampus naik sepeda? Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa mengatasi rasa ragu untuk bersepeda…..

Tempat kerja / kampus yang terlalu jauh untuk dicapai dengan sepeda
Menurut Martha Roskowksi, salah satu staf PeopleForBikes, di Boulder, Colorado, “Mulailah komuting dari jarak yang dekat dulu, semisal empat hingga enam kilometer.” Bagi pemula, jarak sejauh itu tentu masih bisa dicapai dalam waktu kurang dari 30 menit, dengan kayuhan yang santai (yang tentu saja tak akan membuat terlalu berkeringat). Jika tempat kerja atau kampus yang dituju berjarak lebih jauh, bisa juga untuk menitipkan sepeda di tempat teman (yang tak terlalu jauh dari kantor / kampus) dan menyambung perjalanan dengan kendaraan pribadi (mobil / motor) atau kendaraan umum.

Takut untuk bersepeda di jalanan yang ramai
Piihlah rute yang tak terlalu dipenuhi kendaraan bermotor. Sepeda adalah alat transportasi yang fleksibel, sehingga bisa melewati jalanan kecil, yang mungkin tak cukup untuk dilewati sepeda motor. Ditambah lagi dengan kecanggihan teknologi saat ini, beragam aplikasi di smartphone bisa digunakan untuk mengetahui jalan mana yang macet dan jalan lain yang lengang. Lalu bagaimana jika hampir setiap hari dipenuhi deadline dan ditambah dengan jalanan yang lebih sering macet? Steve Taylor dari League of American Bicyclists di Philadelphia berkata, “Bersepedalah di akhir minggu untuk mengurangi stres karena pekerjaan yang dilakukan setiap hari.”
Di kantor / kampus tak ada fasilitas membersihkan diri yang memadai
Bersepeda tentu saja akan berkeringat, ditambah lagi jika menggendong tas di punggung. Cara mengatasinya? Kayuhlah pedal dengan lebih pelan. Gantilah tas punggung dengan pannier atau pasanglah keranjang pada sepeda, sehingga bisa digunakan untuk meletakkan tas. Dan pakailah pakaian yang kasual pada saat bersepeda. Jika sudah sampai kantor / kampus, gunakanlah kamar mandi, manfaatkanlah baby wipes atau handuk untuk mengeringkan keringat, dan ganti pakaian dengan pakaian yang formal / sopan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Sepeda termahal Polygon 2019

Polygon sudah diakui tidak hany di Indonesia, tetapi di luar begeri. Produk sepeda yang dikeluarkan Polygon memang benar-benar berkualitas. Sudah dipakai oleh pembalap kelas atas, dan menjuarai banyak kejuaraan kelas dunia. Harga sepeda Polygon memang sebanding dengan kualitasnya. Mungkin ada yang merasa harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan produk sepeda lokal lannya, tetapi kami rasa ada sedikit  yang lebih baik dari Polygon, ntah itu komponen ataupun servicenya. Tahun 2019 ini, Polygon maih terus mengeluarkan update untuk model sepedanya, baik yang facelift model lama ataupun model yang baru. Model yang termahal tetap dari kategori sepeda gunung dan sepeda balap, dan memang semua sepeda ini lebih fokus untuk sepeda yang dipakai untuk kejuaraaan atau balap sepeda. Bukan type sepeda yang dipakai untuk santai atau jalan-jalan keliling kota. Semua komponen dari sepeda termahal Polygon, sudah dirancang untuk kecepatan dan akselerasi sepeda. Sepeda paling mahal Polygon

Koleksi Miniatur Kereta Api

Naik kereta api tut.. tut.. tut.. Siapa hendak turut? Ke Bandung Surabaya… Masih ingat dengan penggalan tembang lawas itu? Lagu yang amat melegenda di kalangan anak-anak ini dianggap ampuh membuat suasana bertambah ceria. Tampaknya, pengaruh lagu itu telah menyeret Ryan Scorpie, 29 tahun, untuk menekuni hobi koleksi miniatur kereta api. Meski ia bukan berasal dari keluarga masinis kereta api, apalagi pejabat negara yang berhubungan dengan kereta api, namun kecintaannya pada dunia ini tumbuh subur. Selalu saja ada rasa ingin tahu untuk memburu nilai tradisi dalam kereta api. Dari situ, histori pengetahuan dan kemampuan manusia dapat diurut satu demi satu. ”Sebetulnya, saya berkenalan (hobi ini) lewat Paman. Dia itu memang hobi berat mengumpulkan mainan kereta api,” tutur lelaki yang akrab disapa Yopie itu. Lewat hobi pamannya itu, Yopie mengaku terkagum-kagum dengan koleksi miniatur kereta api. Sebelumnya, tak terlintas di benak Yopie kalau ada produsen di dunia yang khusus membuat